Review: Atasi Bibir Hitam Dengan Vaseline Rosy Tinted Lip Balm, Emang Bisa?

by - August 01, 2022

review vaseline rosy tinted lip balm

Halo semua...
Akhir-akhir ini aku mulai mendapati banyak orang yang merasa kurang percaya diri dengan kondisi bibir gelap atau hitam mereka. Aku pribadi bukan pemilik bibir merah merona seperti yang diharapkan kebanyakan orang, sih, selain itu kebetulan juga aku belum memiliki urgensi untuk meningkatkan keinginan merubah kondisi pigmentasi bibirku (so far). Tapi, aku harap postingan kali ini bisa memberi kalian pencerahan mengenai penyebab bibir gelap/hitam, serta bagaimana cara mengatasinya. Sebelum lebih jauh, bibir gelap sendiri sebenarnya sama dengan jerawat, faktornya banyak, bisa karena genetik, kondisi medis bahkan gaya hidup. Bibir yang notabennya merupakan salah satu bagian kulit sensitif, lebih mudah bereaksi atas cuaca panas maupun dingin, Oleh karena itu nggak heran kalau paparan matahari berlebih juga bisa jadi salah satu penyebab bibir gelap. Nggak cuma itu, kebiasaan merokok juga bisa menjadi penyebabnya. Kandungan nikotin pada rokok sendiri membuat pembuluh darah menyusut hingga menjadikan bibir kekurangan oksigen serta nutrisi yang dibutuhkan. Maka dari itu melanin pada bibir menjadi gelap hingga menyebabkan pigmentasi tidak merata. Kurangnya kelembapan pada bibir juga bisa jadi salah satu faktor warna bibir jadi hitam, loh.

Lalu, gimana cara mengatasinya? Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengontrol kebiasaan penyebab bibir menjadi gelap. Setelah itu, lakukan eksfoliasi pada bibir secara rutin paling tidak 2-3 hari sekali. Nggak berhenti sampai disitu, menggunakan pelembap bibir (lip balm) secara berkala juga bisa membantu membuat bibir menjadi cerah secara bertahap. Nah, alih-alih mengkonsumsi kafein bahkan merokok, masalah utamaku adalah bibir kering. Badanku sendiri tergolong rentan dehidrasi, jadi nggak heran kalau bibirku juga mudah sekali keringnya. Selain itu, nggak semua produk lip balm bisa atasi masalah yang kumiliki dengan baik. Tapi beberapa bulan lalu aku memutuskan untuk beli salah satu lip care product terbaru dari Vaseline yakni Rosy Tinted Lip Balm. Untuk tahu apakah produk tersebut bisa atasi bibir kering ku bahkan seberapa besar potensi mencerahkannya, baca postingan ini sampai selesai ya!

Lip Balm Dengan Kemasan Mungil Yang Mudah Dibawa Bepergian

Produk ini punya ukuran yang tergolong kecil jadi mudah dibawa bepergian. Nggak cuma itu, yang aku suka build quality dari lip balm Vaseline ini tergolong solid meski berbahan plastik. Tutup ulirnya pun terasa kokoh dan presisi. Dilain sisi aplikator yang disediakan cukup higienis dan unik, dengan dikelilingi sisi tumpul sehingga nggak menyakiti bibir ketika digunakan. Sayangnya menurutku kurang nyaman saja kalau dipakai langsung untuk membaurkan produk pada keseluruhan bibir. Terlepas dari itu, aku suka dengan konsep packaging produk ini.

cara atasi bibir gelap

Vaseline Rosy Tinted Lip Balm Ingredients

Kalau dilihat secara keseluruhan, kandungan yang ada pada produk ini benar-benar terfokuskan untuk memberi kelembapan ekstra pada bibir. Komposisinya aku tuliskan di bawah ya.

Petrolatum, Parfum, Sodium Chloride, Sodium Sulfate, Linalool, CI 77891, CI 73360.

Lip Balm Vaseline Yang Mampu Menjaga Kelembapan Bibir Seharian

- Melembutkan dan menutrisi bibir
- Memberi kelembapan ekstra pada bibir yang sangat kering
- Memberi warna merah muda cerah yang alami dan glossy pada bibir

BPOM - NA49201300028

Tekstur Lembut Dan Mudah Dibaurkan

Nggak jauh berbeda dengan produk pelembap bibir pada umumnya, lip balm keluaran Vaseline ini juga punya tekstur yang lembut ketika dibaurkan pada bibir. Bentuknya sendiri lebih seperti salep yang sedikit padat tapi langsung melting saat digunakan. Oh iya, perlu diperhatikan untuk tidak menyimpan produk ini di ruangan yang panas, karena bisa merubah teksturnya menjadi lebih  cair seperti lilin yang meleleh.

vaseline rosy tinted lip balm ingredients

Vaseline Rosy Tinted Lip Balm Memberi Sentuhan Warna Yang Cantik

Produk ini sendiri sebetulnya ada 3 varian, original, rosy tinted (milikku) dan lip scrub. Untuk Vaseline Rosy Tinted Lip Balm sendiri ketika aku swatch di tangan mengeluarkan warna merah muda yang cukup soft dan cantik. Sayangnya saat digunakan langsung pada bibir, warna cantik itu hampir nggak tampak sama sekali. Kalaupun ingin mengeluarkan warna tersebut (saat diaplikasikan), harus dengan kuantitas yang sangat banyak. Meski begitu saat diratakan (secara kasat mata) hasilnya pun kembali transparan dan hanya efek glossy saja yang tampak dengan jelas. Namun anehnya, ketika sengaja diseka dengan tisu, tintednya kembali terangkat dengan jelas. Kalau bisa aku simpulkan, Vaseline Rosy Tinted Lip Balm ini memang memberikan warna saat digunakan, tapi sangat samar hingga seakan tidak menggunakan apapun pada bibir.

Lip balm Yang Nyaman Dipakai Kapanpun

Meski judulnya tinted lip balm, tapi aku suka pakai produk ini di pagi, siang, sore bahkan sebelum tidur malam. Menurutku karena warnanya samar dan bahkan hampir transparan, bikin nyaman dipakai kapanpun aku mau. Nggak cuma itu, aku juga pakai produk ini sebelum menggunakan lipstick, lip cream dan produk serupa lainnya. Tentu aja agar bibir tetap lembap dan hasilnya jadi lebih bagus.

review lip balm vaseline
Tanpa proses color grading

Vaseline Lip Care Rosy Tinted Lip Balm, Favorit Banget Untuk Atasi Bibir Kering

Dari awal pakai hingga sekarang (postingan ini dibuat), bisa dibilang aku udah dibuat jatuh hati dengan performa produk ini. Seperti yang aku mention diawal bahwa permasalahan utamaku adalah bibir kering, dan lip balm Vaseline ini ampuh banget atasi hal tersebut. Sejujurnya aku cukup skeptis karena teksturnya sendiri tidak begitu 'tebal' kalau dibanding produk best seller mereka, petroleum jelly. Tapi nyatanya, sesuai klaim produk ini, efek lembap yang aku dapatkan benar-benar bertahan lama. Bahkan saat aku bangun di pagi hari, bibirku masih terasa lembap dengan baik. Nggak cuma itu, semakin rutin dipakai, aku juga merasa kondisi bibirku makin lembut, loh. Produk ini juga bukan tipe lip balm yang 'stay' di bibir, jadi dia akan meresap secara perlahan. Dengan begitu, gak perlu khawatir residu akan menempel kemana-mana atau bahkan merasa tidak nyaman seperti bibir sedang dilapisi sesuatu.

Cuma memang, meski tidak memberikan aroma yang mengganggu, kalau dipakai terlalu banyak rasanya seakan-akan kita menelan minyak. Yup, karena teksturnya yang tidak sepadat lip balm stick, jadi nggak heran kalau produk ini rasanya seperti masuk ke dalam mulut. Nggak usah takut karena hampir 2 bulan pakai ini, tubuhku masih baik-baik saja kok heuheu. Nah, sayangnya kalau kalian mengharapkan bibir bisa 'berubah' warna secara permanen hanya dengan menggunakan lip balm Vaseline satu ini, menurutku hal itu belum bisa diwujudkan. Alih-alih demikian, aku lebih menyarankan kalian untuk rutin melakukan eksfoliasi hingga menggunakan lip balm yang sudah ada kandungan SPF nya (untuk di pagi-sore hari). Yes, produk ini belum mengandung SPF, jadi belum ada proteksi saat beraktivitas di bawah paparan sinar matahari. Terlepas dari itu, menurutku kalau bibir kalian cenderung kering, tapi enggan menggunakan produk yang 'berat' atau seperti memberi lapisan pada bibir, I think u bakal suka dengan performa Vaseline Rosy Tinted Lip Balm ini.

Vaseline Rosy Tinted Lip Balm swatch
Tanpa proses color grading

Lip Care Yang Ramah Di Kantong

Karena Vaseline merupakan produk global, jadi nggak heran kalau cukup mudah ditemukan baik secara offline maupun online. Tapi aku pribadi lebih suka membeli barang secara online melalui Shopee ataupun Tokopedia gitu, karena pasti gratis ongkir dan banyak promonya.

Official Price

IDR32.300/10gr [Shop Here]

Retail Price
IDR18.000/10gr [Shop Here]

Conclusion

Pros:
- Tidak memberikan aroma yang mengganggu
- Semakin rutin dipakai, bibir terasa lebih lembut
- Dapat melembapkan bibir kering dengan tahan lama
- Tekstur lembut, tidak membuat bibir seperti dilapisi sesuatu
- Ukuran kemasannya travel-friendly dengan build quality yang baik
Tinted color yang diberikan sangat samar jadi nyaman dipakai kapanpun

Cons:
- Belum mengandung SPF, sehingga bibir masih perlu perlindungan ekstra saat pagi-sore hari












I'm not a specialist, but I hope my story can helps you to find out the product. And keep in mind that skin care products work differently for each individual. So, please be wary of that as what may work for some does not necessarily mean will work for you too. 

Anyone wishing to use any of these reviews or images for commercial use, publication, or any purpose other than fair use as defined by law, must request and receive prior permission. 

Instagram (for more info about beauty and giveaway) - @thevallenpost
Business inquiries - e-mail me
Get 35% OFF with VALLENBFF at BASE (@itsmybase)

You May Also Like

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung! Mohon maaf untuk komentar anonim tidak akan ditampilkan. Jadi, jangan lupa untuk login dengan akun Google atau tuliskan namamu ya~