Skincare Anti Aging Yang Bagus, Scarlett Niacinamide 5% Dan Skin Smooth Retinol Serum - Review Indonesia

by - June 17, 2023

review serum retinol dan niacinamide scarlett

Halo Semua…
Aku mau tanya deh, kalian notice nggak kalau akhir-akhir ini kondisi cuaca tuh random banget, kadang cerah-kadang mendung. Nggak cuma itu, makin hari kayaknya drama kehidupan ini adaaaa aja, yang bikin stress! Makanya nggak heran kalau kulit wajah itu gampang banget kering bahkan kelihatan ‘capek’ banget. Nah, keadaan kulit yang demikian bisa membuat kita terlihat lebih tua dibanding kondisi ‘yang semestinya’ (penuaan dini). Memang sih, semakin bertambahnya usia, kita akan menghadapi fase penuaan pada kulit itu sendiri. Tapi masalah penuaan dini itu sebetulnya bisa diatasi dengan tidur cukup, meminimalisir stress, makan teratur, hingga menggunakan produk perawatan kulit yang tepat sebagai penunjangnya. Oh iya, kalian tahu retinol nggak? Buat yang belum tahu, singkatnya retinol sendiri merupakan bentuk vitamin A yang kerap digunakan produsen skincare pada produk mereka karena manfaatnya yang baik untuk kulit, salah satunya menunda penuaan dini. Nggak cuma itu, ada niacinamide juga yang punya segudang manfaat untuk menunjang kesehatan kulit, loh! Aku sendiri sudah hampir semingguan ini pakai serum retinol dan niacinamide dari Scarlett nih~

Scarlett adalah salah satu brand perawatan kulit asal Indonesia yang didirikan Felicya Angelista di 2017 silam. Bisa dibilang ini bukan kali pertama aku pakai produk skincare mereka. Sebelumnya aku sudah pernah pakai body lotion, body scrub bahkan beberapa serum yang aku suka banget hasilnya. Menurutku selain mudah didapat, produk-produk Scarlett tergolong affordable, loh! Nah, kali ini aku bakal fokus review Scarlett Niacinamide 5% + Beta Glucan & 7 Phyto Extract Serum dan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum. So, kalau kepo sama performa kedua serum ini dan kira-kira retinol Scarlett bisa atau nggak untuk umur 40 tahun maupun remaja? Baca postingan ini sampai habis ya!

review serum retinol yang bagus

Kemasan Serum Lokal Yang Travel Friendly

Menurutku untuk packaging produk-produk Scarlett tergolong konsisten dan punya build quality yang baik. Meski untuk desain kemasan mereka bukan favoritku, tapi dengan consistency yang ditonjolkan bikin customer langsung tahu kalau produk yang mereka lihat adalah Scarlett. Dilain sisi, ukurannya yang mini dan bahan kaca yang cukup tebal, buat 2 serum ini aman banget kalau mau dibawa bepergian. Cuma untuk serum yang ‘hanya’ 15 ml, isinya tergolong sedikit untuk penggunaan daily (imo).

Scarlett Serum Ingredients

Sesuai namanya, salah satu serum ini mengandung retinol dan lainnya niacinamide. Aku jabarin masing-masing kandungan utama dari 2 serum ini di bawah biar jelas, ya!

Scarlett Niacinamide 5% + Beta Glucan & 7 Phyto Extract Serum ingredients

Scarlett Niacinamide 5% + Beta Glucan & 7 Phyto Extract Serum
Beta Glucan, Niacinamide 5%, Creatine, Allantoin, Triple Ceramide Complex, 7 Phyto extract (moringa extract, mugwort extract, chamomile extract, bifida ferment extract, pomegranate extract, lotus extract, centella asiatica extract).

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum ingredinets

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum
Encapsulated Retinol, Pomegranate Extract, Hexapeptide-8, Allantoin.

Scarlett Niacinamide 5% + Beta Glucan & 7 Phyto Extract Serum review

Scarlett Niacinamide 5% + Beta Glucan & 7 Phyto Extract Serum Claims

- Membantu merawat skin barrier
- Membantu mencerahkan kulit wajah
- Memberikan kesegaran pada kulit wajah
- Memberikan kelembapan pada kulit wajah
- Mencegah penuaan dini akibat efek buruk sinar UV

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum review

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum Claims

- Menyamarkan garis halus pada kulit
- Membantu mengangkat sel kulit mati
- Membantu menghaluskan kulit wajah
- Memberikan hidrasi tambahan pada kulit
- Membantu merawat kekencangan pada kulit

Texture Dan Aroma Serum Scarlett Berubah

Seperti yang sempat aku mention di awal, ini bukan kali pertama aku pakai serum dari Scarlett. Tapi, dibanding dengan produk yang sudah aku coba sebelumnya, menurutku 2 serum ini (niacinamide dan retinol) lebih baik dari segi aroma. Yup! untuk serum niacinamide dan retinol Scarlett ini nggak kasih bau yang menyengat sehingga nyaman saat digunakan.

Nah, kalau teksturnya sendiri, Scarlett Niacinamide 5% + Beta Glucan & 7 Phyto Extract Serum ini seperti liquid agak keruh kekuningan yang mudah dibaurkan. Dilain sisi, Scarlett Skin Smoothing Retinol cenderung milky dan lebih ringan (dibanding niacinamide-nya). Tapi, meski kedua produk tersebut sama-sama buat kulit sedikit tacky, bagusnya mereka cepat meresap jadi aman banget dipakai saat lagi buru-buru.

texture serum scarlett retinol dan niacinamide 5%

Cara Memakai Serum Retinol Dan Niacinamide Scarlett

Aku pribadi tidak pakai 2 serum ini dalam satu waktu, dimana serum niacinamide untuk pagi hari, sedangkan retinol di malam hari. Mungkin sebagai gambaran, aku jabarkan step by step penggunaannya di bawah ini, ya.

Penggunaan pagi:
1. Cuci muka dengan sabun wajah (kalau kulit sedang kering, aku langsung basuh dengan air mengalir saja)
2. Pakai toner yang langsung di tap dengan tangan bersih
3. Pakai Scarlett Niacinamide 5% + Beta Glucan & 7 Phyto Extract Serum 1-2 drop untuk seluruh wajah dan leher
4. Pakai sunscreen dan me-re-apply 3-4 jam sekali (tergantung kondisi lingkungan)

Penggunaan malam:
1. Cuci muka dengan sabun wajah atau produk pembersih lainnya
2. Pakai toner yang langsung di tap dengan tangan bersih
3. Pakai Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum 1-2 drop untuk seluruh wajah dan leher

Aku pribadi kurang merekomendasikan kalian untuk melakukan layering serum retinol, kenapa? Karena penggunaan 2 atau lebih skincare dengan active ingredients secara bersamaan, akan rentan menimbulkan iritasi pada kulit wajah. Oleh karena itu, kalau memang ingin pakai beberapa produk skincare dalam satu waktu, usahakan kombinasikan dengan kandungan yang seimbang. Misal, kalau sudah pakai serum retinol Scarlett, tidak perlu me-layernya dengan acne serum mereka. Selain too much, dengan pakai retinol pun sebetulnya sudah bisa membantu mengatasi jerawat, kok! Alih-alih demikian, akan lebih baik bila melayer retinol dengan kandungan yang menenangkan seperti hyaluronic acid atau semacamnya.

Oh iya, retinol dan niacinamide sendiri tergolong kandungan yang bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Oleh karenanya, untuk meminimalisir dan membuat kinerja produk lebih optimal, jangan lupa untuk selalu menggunakan dan mer-re-apply tabir surya di pagi-sore hari ya!

rekomendasi serum retinol serum niacinamide remaja

Umur Berapa Boleh Pakai Retinol Dan Niacinamide? Apa Efeknya Di Kulit Kombinasi ?

Aku sering banget dapet pertanyaan, “skincare retinol lokal yang bagus apa ya, Len?”, “Rekomendasiin serum buat cerahin muka, dong?”, ”skincare buat skin barrier apa ya?” “retinol yang cocok buat remaja apa ya?”, “kapan waktunya pakai retinol?”, dan buanyak lagi. Mungkin ini adalah saat yang tepat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan satu kalimat. Kalian harus coba serum retinol dan niacinamide-nya Scarlett. Sebetulnya kalau mau eksplor produk anti-aging atau brightening skincare, buanyak banget pilihnya. Tapi, aku merasa serum retinol dan niacinamide Scarlett ini membantu menjaga kesehatan kulitku jadi lebih baik.

Memang untuk efek anti-agingnya sendiri aku belum melihat perubahan yang signifikan. Disisi lain aku pun juga belum melihat efek cerah seperti yang diklaim pada serum niacinamide-nya. Tapi, setelah rutin pakai 2 serum ini sampai sekarang (postingan ini dibuat), aku merasa ketika ada jerawat jadi lebih cepat kempes, kulit jadi glowing serta terjaga kelembapannya. Seperti yang aku mention di bagian cara penggunaan produk, dari niacinamide sampai saat menggunakan serum retinolnya Scarlett, aku nggak pakai pelembap sama sekali. Kok bisa? Karena aku merasa kulitku sudah cukup lembap hanya dengan rangkaian tersebut. Ditambah lagi, dari awal pemakaian aku suka banget sama instant result kedua serum ini yang bikin kulit ku terlihat healthy glow. Oh iya, penggunaan retinol ini dianjurkan untuk kalian yang sudah memasuki usia 20 tahun keatas, ya! Namun buat beberapa orang yang baru menggunakannya di 40 tahun-an memang hasilnya akan sedikit butuh waktu. Jadi, kalau memang ingin lebih cepat terlihat, bisa diimbangi dengan perawatan/tindakan dokter di klinik kecantikan.

hasil scarlett retinol niacinamide serum

Harga Scarlett Retinol Dan Niacinamide Serum

Produk Scarlett ini distribusinya cukup bagus, jadi kalian bisa menemukannya di toko-toko kosmetik baik offline maupun online. Oh iya, buat cek keaslian produk, kalian bisa kunjungi laman resmi Scarlett yak! [klik di sini]


Scarlett Niacinamide 5% + Beta Glucan & 7 Phyto Extract
Rp75.000,-/15ml [Shop Here]

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum
Rp75.000,-/15ml [Shop Here]

Conclusion

Pros:
- Kemasan travel friendly
- Mudah ditemui secara offline dan online
- Kedua produk mudah dibaurkan, cepat meresap dan hampir tidak ada aroma
- Membuat kulit terasa cukup lembap, glowing hingga bantu mengatasi masalah jerawat

Cons:
- Sedikit buat kulit terasa lengket (beberapa orang bisa kurang nyaman)





Product is given by the brand, but it doesn't affected my honest opinion. I'm not a specialist, but I hope my story can helps you to find out the product. And keep in mind that skin care products work differently for each individual. So, please be wary of that as what may work for some does not necessarily mean will work for you too. 

Anyone wishing to use any of these reviews or images for commercial use, publication, or any purpose other than fair use as defined by law, must request and receive prior permission. 

Instagram (for more info about beauty and giveaway) - @thevallenpost 
Business inquiries - e-mail me 
Get 35% OFF with VALLENBFF at BASE (@itsmybase)

You May Also Like

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung! Mohon maaf untuk komentar anonim tidak akan ditampilkan. Jadi, jangan lupa untuk login dengan akun Google atau tuliskan namamu ya~