RAMBUT MENGALAMI PENUAAN, TERNYATA INI PENYEBABNYA!

by - March 16, 2024

penyebab penuaan rambut
Source: Freepik
Hi semua…
Aku yakin banyak diantara kalian yang terlalu fokus merawat kulit wajah, sampai-sampai lupa kalau rambut juga butuh dirawat. Padahal nggak cuma wajah loh, tapi faktanya rambut juga bisa menua! Kalian pernah tahu nggak, ada orang yang usianya belum senja tapi sudah tumbuh uban? Selain genetik, munculnya uban di usia muda juga bisa diakibatkan dari proses penuaan rambut loh. Dilain sisi masih banyak yang belum sadar kalau rambut mereka sebenarnya mengalami penuaan. Tahu nggak sih, ada beberapa tanda yang mengindikasi bahwa rambutmu mengalami penuaan dini, seperti rambut menjadi lebih kering, kusam, mudah patah bahkan teksturnya menjadi kasar. Nah, kebiasaan-kebiasaan berikut ini bisa menyebabkan rambut alami mu mengalami penuaan dini:

Penggunaan Sisir Yang Kurang Tepat

Yup! Kamu nggak salah baca kok. Penggunaan sisir yang kurang tepat bisa mengganggu sirkulasi darah di kepala. Alih-alih menggunakan sisir berbahan plastik yang kaku dan kasar, aku lebih menyarankan untuk beralih ke sisir berbahan lembut dan lentur. Hal itu bisa membantu mengatur rambutmu dengan baik dan tidak akan merusak pembuluh darah di kulit kepalamu.

Mengikat Rambut Sepanjang Waktu

Tahu nggak sih, mengikat rambut dengan ketat bisa memberikan banyak tekanan pada folikel (tempat tumbuhnya rambut) mu. Akibatnya jangan heran kalau rambut menjadi rontok bahkan mengalami kebotakan. Tapi bukan berarti kamu dilarang mengikat rambut sama sekali, ya. Hanya saja sebisa mungkin gunakan cara lain agar rambut tetap sehat.

Mencuci Rambut Setiap Hari

Perawatan rambut yang satu ini memang terlihat simple, tapi nyatanya bisa beresiko rambut mengalami penuaan, loh. Selain membersihkan residu atau kotoran, shampoo sendiri juga bisa mengangkat minyak yang ada di kulit kepala. Sedangkan semakin bertambah usia, minyak di kulit kepala pun akan ikut berkurang. Akibatnya rambut akan menjadi lebih kering. Nah, untuk menjaga kesehatan rambut, kalian bisa mencucinya dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Source: Freepik

Kekurangan Asupan Vitamin

Tahu nggak sih, kekurangan vitamin B6, B12, biotin, vitamin D, dan vitamin E, bisa menyebabkan penuaan dini pada rambut, loh! Selain itu, dikutip dari laman Siloam Hospital, ada penelitian yang menyatakan bahwa rendahnya kadar vitamin B12 dan zat ferritin dalam tubuh, dapat menjadi penyebab munculnya uban meski masih di usia muda. Oleh sebab itu, mengkonsumsi ikan, yogurt, bayam maupun telur, bisa membantu mengurangi potensi penuaan pada rambut .

Terpapar Sinar Matahari Berlebih

Nggak cuma kulit wajah saja yang akan mengalami aging, tapi terpapar sinar matahari berlebih juga bisa membuat penuaan pada rambut loh! Hal itu karena paparan sinar UV bisa membuat rambut menjadi lebih kering dan warna rambut memudar lebih cepat. Sehingga jangan lupa lindungi kepalamu ketika sedang melakukan aktivitas outdoor di siang hari, ya!

Menggunakan Pelurus Dan Pengering Rambut

Siapa sih, yang nggak suka rambut selalu on point sepanjang hari? Makanya nggak heran kalau banyak yang sering styling rambut dengan mencatok dan mengeringkannya dengan hair dryer. Tapi penggunaan hair styling tools seperti itu bisa membuat kelembapan dan kelembutan rambut menjadi berkurang, loh.

Merokok Dan Sering Mewarnai Rambut

Merokok atau penggunaan cat rambut berlebihan bisa menjadi salah satu faktor perubahan warna rambut menjadi abu-abu (uban). Hal itu karena kedua kebiasaan tersebut bisa merangsang pembentukan hidrogen peroksida, sehingga sintesis eumelanin (jenis melanin yang berwarna coklat-hitam, sedangkan feomelanin berwarna pirang) menjadi terganggu.

Nah, jadi itu dia kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat rambutmu mengalami penuaan dini. Oleh karenanya, perawatan rambut yang tepat sangat disarankan untuk menjaga keremajaan rambutmu. Selain mengurangi kebiasaan di atas, kamu bisa menggunakan produk-produk perawatan rambut yang memiliki kandungan moroccan oil, anti oksidan, maupun UV & heat protection. Ditambah lagi tidak hanya shampoo, tapi kamu juga bisa mulai menggunakan conditioner, masker rambut, hair oil dan vitamin rambut yang dirancang khusus untuk memberi hidrasi dan kelembapan lebih untuk rambutmu. Oh iya, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, vitamin B-12, vitamin D, maupun probiotik agar rambut terhindar dari penuaan dini. Semoga bermanfaat!


I'm not a specialist, but I hope my story can helps you to find out the product. And keep in mind that skin care products work differently for each individual. So, please be wary of that as what may work for some does not necessarily mean will work for you too.

Anyone wishing to use any of these reviews or images for commercial use, publication, or any purpose other than fair use as defined by law, must request and receive prior permission.

Instagram (for more info about beauty and giveaway) - @thevallenpost
Business inquiries - e-mail me
Get 35% OFF with VALLENBFF at BASE (@itsmybase)

You May Also Like

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung! Mohon maaf untuk komentar anonim tidak akan ditampilkan. Jadi, jangan lupa untuk login dengan akun Google atau tuliskan namamu ya~