Review: Cara melembapkan Kulit Dengan Scarlett Whitening

Hi there…
Jadi Agustus 2020 lalu aku sempat mengunjungi suatu pantai di Jawa Timur untuk “melarikan diri” sejenak dari penatnya kehidupan hahaha. Dan sepulangnya dari sana, tentu saja kulitku berubah menjadi lebih kering dari sebelumnya. FYI, tipe kulit badanku sendiri sebenarnya kering, lalu ditambah sepulang dari sana menjadikannya (beberapa spot) semakin kering, bahkan perih dan terkelupas karena terpapar sinar matahari. Akhirnya untuk mengatasi itu semua, pertolongan pertama yang aku lakukan adalah menenangkannya dengan soothing gel

Nah, meski kulitku sudah tidak perih lagi karena penggunaan soothing gel tersebut, sayangnya masalah tidak berhenti di situ. Kulitku yang mengelupas masih belum membaik, ditambah teksturnya menjadi semakin kering. Akhirnya aku memutuskan untuk lebih rutin menggunakan scrub dan lotion dengan harapan kulit kembali lembap dan tekstur tidak sekasar itu. Bertemulah aku dengan salah satu brand lokal Indonesia, Scarlett Whitening. Mereka memiliki beberapa macam produk perawatan kulit, dari badan hingga yang terbaru serum untuk wajah. Nah, kebetulan karena permasalahan yang aku miliki adalah dikulit badan, jadi produk yang aku gunakan adalah body lotion dan body scrub nya.
 
 
ᴘʀɪᴄᴇ
Kedua produk itu cukup mudah untuk ditemui terutama secara online;

Body Lotion Charming – IDR75.000,- [Shop Here]
Body Scrub Romansa – IDR75.000,- [Shop Here]


scarlett whitening review terbaru
 
scarlett whitening charming review
 
ᴘᴀᴄᴋᴀɢɪɴɢ
Aku rasa kalau dari segi desain, untuk lotion maupun body scrub nya terlihat biasa saja untukku. Terutama kemasan body lotion nya, menurutku bila label produk dapat mengcover keseluruhan packaging dan ukuran botolnya lebih tinggi, akan terlihat sedikit lebih minimalis dan tidak begitu banyak memakan tempat saat dibawa bepergian. Meski begitu, tidak perlu khawatir karena kedua kemasan produk tersebut berbahan plastik yang tebal, ditambah lagi pada botol lotion nya memiliki pengunci sehingga pump tidak akan mengeluarkan isi produk secara tidak sengaja. Selain itu, khusus pembelian di official store Scarlett, produk akan dikemas dalam exclusive reusable box. Overall, aku suka dengan kualitas kedua kemasan produk Scarlett Whitening yang kumiliki saat ini.

review scarlett whitening body scrub romansa

review body scrub scarlett whitening

ɪɴɢʀɪᴅɪᴇɴᴛs
Secara garis besar, kedua produk ini (scrub dan lotion) memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda, seperti; glutathione (mother of antioxidant) dan Vitamin E. Selain itu seluruh produk Scarlett juga sudah mengantongi BPOM bahkan not tested to animals. Untuk lebih detailnya aku akan jabarkan secara terpisah;
- Body Lotion; Acrylic Polimer, Cetearyl Alcohol, Triisopropanolamine, Propana-1-2-Diol, Propane-1, 2, 3-Triol, Dmdm Hydantoin, Fragrance, Beads A2-Millicapsule, Glutathione, Water.
Nah, kalau kalian lihat, didaftar ingredients tersebut, ada beberapa nama senyawa “alkohol” disitu. Tidak perlu khawatir, karena itu bukanlah kandungan yang berbahaya melainkan hanyalah senyawa sintetik yang berguna sebagai emulsi bahkan juga bisa melembutkan kulit.
(pH balancing, melembutkan/emulsi/surfaktan, melembapkan, parfum, preservative, pelarut)
 
tekstur body lotion scarlett whitening
 
tekstur body scrub scarlett whitening
 
- Body Scrub; Acrylic Polimer, Triisopropanolamine, Glycerin, Mineral Oil, Cetyl Alcohol, Cetearyl Alcohol, Propylene Glycol, Glycol Distearate, Dmdm Hydantoin, Fragrance, Scrub, Glutathione, Water. Tidak begitu berbeda jauh dengan produk lotion nya, dimana body scrub Scarlett ini juga mengandung bahan-bahan yang mayoritas bertujuan untuk memberi kelembapan pada kulit.
(pH balancing, surfaktan/emulsi, melembapkan, parfum, presentative, pelarut).
 (Source: Incidecoder)
 
 scarlett whitening ingredient
 
Scarlett whitening ingredients

ᴄʟᴀɪᴍs
Kalau dilihat dari daftar ingredients di atas, tidak heran bila untuk body lotion nya sendiri, Scarlett mengklaim dapat membantu memberikan kelembapan, menutrisi hingga mencerahkan kulit tubuh. Sedangkan Body scrub nya sendiri dengan butiran yang lembut akan meminimalisir terjadinya iritasi pada kulit. Selain itu dapat juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada tubuh.

scarlett whitening fungsi
 
scarlett whitening itu apa ?
 
ᴛᴇxᴛᴜʀᴇ ᴀɴᴅ sᴄᴇɴᴛ
Nah, untuk varian Charming sendiri teksturnya krim, berwarna baby pink dan cukup thick. Aromanya menurutku cukup kuat dan saat pertama pakai membuatku pusing, namun setelah beberapa kali pakai indra penciumanku mulai terbiasa dan menerima dengan baik. Menurut Scarlett baunya ini terinspirasi dari Maison Francis Kurkdjian Baccarat Rouge 540.

Sedangkan tekstur body scrub nya seperti krim putih bercampur dengan butiran scrub dan cukup padat. Yang aku suka butiran scrub nya tidak begitu besar tapi tidak begitu kecil juga, jadi terasa pas saat dipakai. Untuk aromanya sendiri lebih ke floral sedikit powdery. sebetulnya tidak jauh berbeda dengan lotion mereka, aromanya juga cukup kuat saat pertama kali pakai. Tapi setelah beberapa kali pemakaian, baunya mulai cukup samar. Sebetulnya kedua produk Scarlett ini aromanya enak, tapi memang butuh penyesuaian saja karena fragrance nya menurutku cukup kencang.
 
Scarlett whitening by felicya
  
ʜᴏᴡ ɪ ᴜsᴇ
Selama lebih kurang satu bulan aku selalu menggunakan semuanya secara bersamaan. Untuk body lotion aku pakai pagi dan malam, sedangkan body scrub aku pakai 2 hari sekali. Sayangnya ada suatu hal yang membuatku kesusahan saat menggunakan kedua produk tersebut. Misal saja lotion nya, bila dalam sekali pemakaian produk yang digunakan dalam kuantitas banyak, maka akan semakin susah untuk dibaurkan. Sehingga solusinya adalah memakainya dalam beberapa layer. Sedangkan untuk body scrub nya sendiri, entah mengapa aku masih susah membilasnya. Jadi aku selalu membutuhkan air ekstra untuk menghilangkan residu scrub.

tekstur lotion scarlett whitening
 

ᴍʏ ᴛʜᴏᴜɢʜᴛs
Seperti yang aku katakan di awal bahwa kondisi kulit badanku sedang bermasalah, sehingga aku memiliki harapan besar dalam menggunakan kedua produk ini. Dan setelah rutin menggunakannya, kini kulitku kembali lembap, ditambah permasalahan tekstur hingga kulit yang mengelupas sudah teratasi dengan baik. Yang paling aku rasakan bahkan sejak awal pemakaian adalah kulitku kembali lembap secara instan. Lembapnya juga tidak terasa berlebihan, sehingga pas dikulitku. Oiya, sayangnya aku tidak merasakan perubahan kulit menjadi lebih cerah secara signifikan seperti yang sering aku lihat pada orang-orang bila menggunakan body lotion ini. Namun memang kulitku menjadi sedikit lebih cerah dibanding bila tidak memakainya. Tapi bagusnya, efek yang diberikan tidak membuat warna kulitku menjadi ashy, serta perubahan warnanya pun tidak begitu bertahan seharian. Meski begitu, aku suka dengan body lotion ini, karena semakin rutin semakin membuat kulit badanku terjaga kelembapannya tanpa memberi efek berat atau lengket sedikit pun. Tapi memang akan sedikit repot bila akan keluar rumah di pagi/siang hari, yang mana aku harus me-layer dengan produk sunscreen yang aku miliki karena lotion ini tidak ada kandungan SPF nya. Tapi yang aku suka adalah saat aku pakai sebelum tidur malam, kulitku tidak terasa kering saat bangun keesokan harinya.

hasil pemakaian scarlett whitening body lotion
warna kulit menjadi sedikit berubah dan lebih rata
Oiya, aku rasa body scrub Scarlett ini juga memiliki peran dalam recovery permasalahan kulitku, khususnya di bagian yang mengelupas dan bertekstur. Masa penyembuhannya lebih kurang 5-6 kali pemakaian (if I’m not mistaken ya), dan yang aku suka semakin konsisten penggunaannya membuat kulitku menjadi lebih lembut hari demi hari. Aku juga suka butiran scrub nya, menurutku punya ukuran yang pas sehingga tidak membuat kulit sakit saat dipakai. Kepadatan teksturnya juga cukup konsisten jadi semakin memudahkan dalam proses scrubbing. Oiya, ekfoliasi itu tidak hanya dilakukan untuk wajah saja, tapi kulit badan juga, sehingga kulit mati ataupun residu selepas beraktivitas dapat terangkat dan menjadikan badan tetap terjaga kebersihannya. Overall, aku suka dengan hasil yang diberikan oleh kedua produk ini untuk kulit badanku. Tapi memang aku masih butuh waktu untuk “meraba raba” cara penggunaannya, terutama untuk body scrub nya. Anyway, aku kurang tahu apakah kedua produk itu aman untuk ibu hamil atau menyusui, jadi lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli untuk pernyataan yang lebih pasti.
 
ᴄᴏɴᴄʟᴜsɪᴏɴ
Pros (body lotion):
- Aromanya enak/wangi, meski butuh penyesuaian
- Instant brigthening effect nya tidak buat kulit ashy
- Teksturnya lembut dan nyaman digunakan
- Efek lembapnya cukup/tidak over moist
- Ada fitur pengunci pada packaging

Cons (body lotion):

- Produk cukup butuh waktu untuk bisa dibaurkan
- Botol/packaging terlalu besar/kurang travel friendly

Kulit sudah tidak mengelupas, lebih lembut dan lembap

Pros (body scrub):
- Ukuran butiran scrub tergolong pas dan tidak menyakiti kulit
- Aromanya enak/wangi, meski butuh penyesuaian
-
Kulit menjadi benar-benar lembut dan bersih

Cons (body scrub):
- Susah dibilas
 



Body Lotion • Charming
🌟8/10
 
Body Scrub • Romansa
🌟8.5/10


 
 
I'm not a specialist, but I hope my story can helps you to find out the product. 
Instagram/Twitter - @thevallenpost 
Business inquiries - hubungivallen@gmail.com

thevallenpost

No comments:

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah baca ceritaku, semoga bisa jadi inspirasi!
Jangan lupa follow, tinggalkan komentar, serta share artikel ini. Oiya, klik kolom ‘notify me’ agar kita bisa terus berinteraksi~
𝙁𝙤𝙧 𝙞𝙣𝙦𝙪𝙞𝙧𝙞𝙚𝙨, 𝙥𝙡𝙚𝙖𝙨𝙚 𝙘𝙤𝙣𝙩𝙖𝙘𝙩 - 𝙝𝙪𝙗𝙪𝙣𝙜𝙞𝙫𝙖𝙡𝙡𝙚𝙣@𝙜𝙢𝙖𝙞𝙡.𝙘𝙤𝙢

Part Of

Storie Indonesia Member Soco Member Female Daily Member

BEAUTIESQUAD https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/ Blogger Perempuan