Pakai Betadine Feminine Wash Foam, Amankah?

by - February 20, 2020

Hi semua~
Kali ini aku akan sharing mengenai miss v. Salah satu organ sensitifnya para kita kita ini, wanita.

Buat aku pribadi dan tentunya aku yakin semua perempuan pasti ingin memiliki tubuh yang bersih, dan akan lebih baik lagi kalau sehat juga, iya kan? Nah berbicara mengenai area kewanitaan, tidak sedikit dari kita (para wanita) yang kadang masih bingung bagaimana cara membersihkannya, meski menggunakan sabun khusus kewanitaan sendiri apakah aman?

So basically miss v is designed to keep itself clean, dan hal itu karena miss v sendiri merupakan organ dengan kepemilikan bakteri terbanyak selain usus. Dari situ ada banyak pula bakteri baik yang akan membantu menjaga kelembaban hingga kebersihan area kewanitaan kita sendiri. Nah bakteri baik itu biasanya disebut Lactobacilli, cmiiw. Takutnya kalau membersihkan area kewanitaan menggunakan sabun, si Lactobacilli itu ikut terbunuh.

Lalu, kalau tidak boleh membersihkan miss v dengan sabun bagaimana dengan produk produk pembersih yang ada di pasaran?
Kalau menurut ACOG (American College of Obstetricians and Gynecologists), membersihkan area kewanitaan menggunakan sabun khusus, diperbolehkan asal tidak rutin. Kenapa? ya takutnya seperti yang aku mention diatas, membunuh bakteri baik. Akan tetapi menggunakan sabun area kewanitaan diharapkan dapat membantu mencegah atau membunuh jamur hingga infeksi di miss v.

Aku sendiri pakai sabun khusus area kewanitaan, tapi untuk masa masa tertentu salah satunya saat sedang haid. Produk yang aku pakai saat ini adalah Betadine Feminine Wash Foam Odour Control Witch Hazel.


ᴘᴀᴄᴋᴀɢɪɴɢ

Produk ini dikemas dalam bentuk botol plastik 100ml dengan pump yang berfungsi untuk mengambil isi produknya. Ukurannya tergolong besar dan cukup memakan tempat apabila dibawa travelling. Terlepas dari itu, aku pribadi suka dengan performa pump nya karena bekerja dengan optimal. Dilabel kemasan sendiri cukup lengkap berisikan ingredients, cara pemakaian, hingga kontak customer care. Karena berbahan plastik dan tergolong cukup tebal, tidak perlu khawatir botol akan pecah atau bahkan berat.


ɪɴɢʀᴇᴅɪᴇɴᴛs

Masuk dikomposisi, kita bisa melihat secara detail dilabel bagian belakang produk. Disitu lengkap tertulis kandungan apa saja yang ada didalamnya. Dan dari situ juga kita tahu bahwa Betadine Feminine Wash Foam Odour Control Witch Hazel ini memiliki bahan dasar air, yang mana tergolong aman apabila dipakai untuk sehari hari. Selain itu produk tersebut memiliki formulasi yang mengandung prebiotik, tri-care, hingga ekstrak alami witch hazel dari tanaman hamamelis virginiana. Aku breakdown sedikit ya, prebiotik sendiri bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan bakteri baik serta menghalangi pertumbuhan dari bakteri bakteri jahat. Lalu untuk tri-care memiliki manfaat guna menjaga keseimbangan pH pada area kewanitaan. Sedangkan ekstrak alami witch hazel dari tanaman hamamelis virginiana bisa membantu mengurangi aroma yang tidak sedap pada miss v.

Source: tanyawanita.id




Baca Juga: Menstrual Cup, Best Decision I Ever Made!

ᴄʟᴀɪᴍ ᴀɴᴅ sᴄᴇɴᴛ

Produk ini diklaim tidak mengandung pewarna, bebas sabun serta paraben, membantu keseimbangan pH alami kewanitaan, melembutkan (well I don't know what exactly means, but I guess doesn't make it feels like dried), gynaecologically tested, mengandung prebiotik, serta hypoallergenic (tidak memiliki potensi menyebabkan alergi). Dan untuk aromanya sendiri, menurutku Betadine Feminine Wash Foam Odour Control Witch Hazel tergolong soft floral, dan selalu menyisakan aroma tersebut ditangan saat digunakan.


 ᴛᴇxᴛᴜʀᴇ ᴀɴᴅ ʜᴏᴡ ɪ ᴜsᴇ

Aku kira produk berupa liquid seperti tekstur sabun pada umumnya yang mana setelah diberi air akan berubah menjadi foam. Tapi ternyata aku salah, saat produk keluar it's totally white foam and super soft, of course. Aku pakai hanya saat haid dan setelah buang air besar. Tidak ada hal khusus karena aku pakai sesuai cara penggunaan yang tertera pada kemasan, tangan dalam keadaan basah dan hanya ku gunakan diarea luar miss v. Oiya satu lagi, aku menggunakan sebanyak 1-3 pump setiap membersihkan area kewanitaanku dengan ini.



ʀᴇsᴜʟᴛ

Selama pemakaian aku sendiri merasa lebih bersih setelah menggunakannya tanpa memberi efek kering. Kalau digambarkan seperti after effect menggunakan gentle facial wash hahaha. Aromanya juga enak sekali, selain itu aku tidak ada kesulitan ataupun bahkan iritasi selama menggunakannya. Setelah merasakan hasil yang diberikan produk ini, aku akan tetap menggunakannya hanya saat period dan setelah buang air besar saja. Selain itu sepertinya kalau habis aku akan kembali stock produk ini.

Mungkin kalau masih takut using this kind of thing, ya tidak usah karena tidak pun miss v bisa bekerja membersihkan area tersebut dengan baik kok. Tapi kalau memang dirasa perlu karena terganggu dengan bau yang tidak sedap, ataupun case nya sama sepertiku yang hanya ingin merasa lebih bersih saat haid, aku merekomendasikan Betadine Feminine Wash Foam Odour Control Witch Hazel untuk dicoba. Sebenarnya kalau tidak salah produk ini ada beberapa varian, tapi aku rasa varian ini memiliki aroma yang menurutku bisa atau nyaman dihirup oleh siapapun (pede banget padahal baru pakai satu varian saja heuheu).
Last but not least, please keep in mind that you don't have to use soap to wash your miss v.




🌟 9/10

Semoga pengalaman ku bisa membantu dan menambah referensi kalian ya~
  




𝐡𝐮𝐛𝐮𝐧𝐠𝐢𝐯𝐚𝐥𝐥𝐞𝐧@𝐠𝐦𝐚𝐢𝐥.𝐜𝐨𝐦

You May Also Like

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung! Mohon maaf untuk komentar anonim tidak akan ditampilkan. Jadi, jangan lupa untuk login dengan akun Google atau tuliskan namamu ya~